Pemuda dan Anugerah Sejarah

Setiap manusia pasti akan atau pernah mengalami masa muda. Masa muda merupakan suatu fase terbaik dalam kehidupan manusia di mana kekuatan terkumpul, keberdayan terlaksana dan pemikiran yang tajam hadir. Oleh karena itulah masa muda harus diisi dengan kegiatan yang bermanfaat, baik bagi diri sendiri maupun orang lain. Jika semua pemuda di negeri ini bisa memanfaatkan masa mudanya dengan baik, bisa jadi tinggal menunggu waktu untuk Indonesia menjadi sejajar dengan bangsa-bangsa maju lainnya.

Pemuda identik dengan idealisme, cita-cita tinggi dan semangat yang menggelora. Tapi image terkait egoisme , mau menang sendiri, tidak berpikir panjang juga lekat dengan pemuda. Hal tersebut merupakan fitrah yang ada pada diri pemuda. Kembali pada kita, apakah akan memanfaatkan segala kelebihan itu menjadi kegiatan yang produktif atau sebaliknya, masa muda hanya diisi untuk senang-senang dan foya-foya belaka.

Sejarah dunia membuktikan bahwa pemuda memiliki kekuatan yang luar biasa untuk membawa dunia ini kepada kondisi yang lebih baik. Kita bisa tengok perjuangan bangsa Indonesia untuk memperoleh kemerdekaan dimana pemudalah yang mengambil peran vital dalam mewujudkan kemerdekan tersebut. Bung karno, Bung Hatta merupakan beberapa contoh pemuda yang berhasil membawa perubahan bagi bangsa ini. Begitu juga di tempat-tempat lain di dunia ini, dimana pemuda memilki peran dan kekuatan dalam membawa perubahan.

Tidak heran jika Bung Karno mengatakan
“Berilah aku 1000 orang tua, maka akan kucabut Semeru dari akarnya. Berikanlah aku seorang pemuda, maka akan kugoncangkan dunia.”

Luar biasa. Perubahan yang bisa dilakukan oleh pemuda.

Sekarang coba kita lihat bagaimana kondisi pemuda Indonesia sekarang. Bukannya membawa semangat perubahan ke arah yang lebih baik, pemuda sekarang malah menjadi sumber masalah yang tidak ada habis-habisnya bagi bangsa ini. Pengangguran, tawuran, narkoba, hiburan yang berlebihan, pergaulan bebas dan masih banyak lagi masalah yang ditimbulkan oleh kaum muda. Ya. Kondisi pemuda Indonesia sekarang cukup memprihatinkan. Padahal, seperti kata pepatah, pemuda hari ini adalah pemimpin di hari esok. Jika hal ini tidak segera diselesaikan, maka bisa jadi bangsa kita akan semakin terpuruk seiring berjalannya waktu.

Lalu apa yang harus dilakukan agar pemuda Indonesia bisa keluar dari jurang keterpurukan dan menggantinya dengan gunung-gunung prestasi?
Sejarah mengajarkan, bahwa pemuda Indonesia pernah mencapai puncak prestasinya dan mengambil peran dalam mewujudkan kemerdekaan Indonesia. Ya. Peristiwa sumpah pemuda merupakan salah satu bukti, betapa luar biasanya kekuatan dan semangat pemuda Indonesia dimana pemuda dari berbagai daerah dengan beraneka ragam latar belakang, berkumpul bersama untuk menyatukan tekad, merangkai asa untuk mewujudkan Indonesia merdeka.

Tampaknya kita perlu merefresh kembali momen itu, menghujamkannya dalam hati dan menjadikannya pelajaran. Keringat bahkan darah dari para pemuda pahlawan bangsa, harus kita bayar dengan segudang prestasi. Seperti itulah bentuk perjuangan pemuda di masa ini. Karena untuk membangun bangsa ini, adalah dengan berprestasi di masing-masing bidang yang kita geluti dan menjadi contoh bagi generasi muda lainnya.

sebagai penutup, saya kutip syair dari Saini KM, yang tertulis di monumen Pancasila Bandung

Nonoman, kiwari nya giliran aranjeun
Nu kasinugrahan wawangi sajarah
Bral tandang bari peheuyeuk-heuyeuk lengueun;
Kalawan rido mantenna di unggal lengkah
Impian demi impian bakal ngajirim
Beberkeun bandera pikeun sagala topan.
Sababnya taktak aranjeun pisan
Nu bakal nyangga gelaring pajar
Pikeun langit anyar, pikeun jaman nu akbar.

Orang muda, gini giliranmu telah tiba
Untuk menerima anugerah sejarah.
Rapatkan brisan, langkah tegap ke depan;
Dengan karuniaNya sepanjang jalur jejakmu
Impian demi impian akan terwujud.
Julang panji, kibarkan bagi segala taufan
Karena di bahumu akan diletakkan fajar
Bagi cakrawala baru, bagi zaman yang besar.

oleh Afdilla Gheivary, sebagai essay untuk mengikuti kegiatan Forum Indonesia Muda 11

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: