Sebuah Cerita dari Forum Indonesia Muda 11

“Ane tunggu di Aceh ya Dil ..”

Kata itu diucapkannya ketika kami berpelukan sebelum berpisah. Sore itu, Iskandar dan bang Taufik, dua kunang-kunang asal serambi mekah  itu sedang mampir di Bandung. Bagi mereka, ini kali pertama mereka menginjakkan kaki di tanah Jawa, di kota Bandung. Sebelum berpisah, kami bersalaman dan berpelukan dengan penuh haru seperti orang yang akan lama tidak bertemu, dan memang demikian keadaannya.

Teringat kembali memori beberapa waktu yang lalu, ketika saya tiba di Jakarta sekitar pukul sebelas malam, setelah menempuh perjalanan tiga jam dari Bandung. Di asrama tempat kami menginap, tampak sudah ada puluhan pemuda lainnya yang sedang menyiapkan tempat tidur untuk beristirahat. Keadaan kami sama. Lelah setelah menempuh perjalanan jauh dari daerah masing-masing, canggung untuk berkenalan dengan yang lain. Lalu satu persatu kami mulai berkenalan. Menanyakan nama dan asal daerah.

Takjub.

Itu yang saya rasakan ketika mengetahui asal daerah mereka. Secara fisik kami tidak jauh berbeda, tapi secara geografis kami berbeda jauh. Pemuda-pemuda ini, berasal dari berbagai daerah di Indonesia, dari Universitas Iskandariah sampai Universitas Cendrawasih, dari Aceh sampai Papua. Saat itulah awal dari perkenalan saya dengan bang Taufik, Iskandar dan pemuda-pemuda  lainnya. Dan selama tujuh hari dari malam itu, tanpa disadari kami akan bersama-sama mengukir sejarah, membangun ukhuwah di bumi Wiladatika.

Hari pertama pelatihan bertempat di Bumi Wiladatika, Cibubur. Jam tujuh pagi kami sudah tampil rapi dan mulai memasuki ruangan acara. Saya merasakan hal yang tidak biasa ketika memasuki ruangan itu. Di dalam  ternyata sudah ada puluhan, bahkan ratusan pemuda lainnya yang sudah duduk rapi dan memakai almamater yang berwarna-warni, menunjukkan bahwa kami berasal dari berbagai kampus yang berbeda.

Aneh.

Mereka tidak tampak sebagai orang asing, mereka tampak sebagai orang yang sudah saya kenal lama sekali. Padahal, kami belum pernah bertemu sebelumnya.

Kebersamaan itu berlanjut. Kami bersama-sama bertukar pikiran dengan tokoh seperti Amien Rais, Taufik Ismail, Arief Munandar dan Houtman Zainal Arifin. Membicarakan banyak hal, dari kondisi bangsa ini sampai dengan karakter pribadi, dari idealisme sampai dengan aksi nyata yang bisa dilakukan. Tidak hanya itu, kami juga bersama-sama melakukan observasi ke masyarakat yang ditindaklanjuti dengan membuat social project. Bersama-sama berbagi dengan masyarakat, sebagai wujud aksi nyata kepedulian terhadap masyarakat.

Tujuh hari. Waktu yang cukup singkat untuk saling mengenal satu sama lain. Sekilas tidak ada yang luar biasa dari mereka. Tapi semakin mengetahui profil pemuda lainnya, semakin takjub karena mereka pemuda-pemuda luar biasa. Aktivis BEM, LDK, LSM, pebisnis, pertukaran pelajar dan masih banyak lagi. Mereka adalah pejuang-pejuang muda, juga pejuang di jalan sunyi.

Dan tersadarkan, setelah pelatihan ini saya memiliki keluarga besar baru, keluarga besar Forum Indonesia Muda. Seperti Iskandar dari Aceh, Hairul dari Banjarmasin, Munzir dari Makasar,Riski dari Jogja,  dan Elias dari Papua. Orang asing yang seperti keluarga sendiri. Berbeda latar belakang, suku, bahasa, dan budaya namun dipersatukan oleh satu kata

“Indonesia”. Kami berbeda dalam banyak hal, kecuali cita-cita untuk menjadikan Indonesia lebih baik dan bermartabat.

Kawan-kawanku, pertemuan yang singkat bersama kalian, akan berarti panjang dalam hidup ini. Tetap jaga idealisme kita, tetaplah bertahan dalam perjuangan, tetaplah memberi manfaat untuk sekeliling kita. Walaupun raga kita tidak bersama, tidak perlu risau karena kita tetap memperjuangkan hal yang sama,  berjuang untuk Indonesia yang lebih baik dan bermartabat. Dan semoga, ada takdirnya dimana kita dipertemukan kembali. Akan indah rasanya, jika saat pertemuan nanti, kita sudah berbuat banyak untuk bangsa ini.

Seperti yang selalu kita teriakkan bersama

AKU UNTUK BANGSAKU !

Bandung, 2 November 2011

Afdilla Gheivary

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: