gue mulai mikirin nikah dari sekarang

“Dil, kayaknya gue harus mulai mikirin nikah dari sekarang nih ..”

Kalimat itu keluar begitu saja dari seorang kawan yang tinggal satu kontrakan dengan saya.. Kaget. Saat itu saya baru saja bangun dari tidur siang, sembari mengumpulkan kesadaran, terdiam sejenak, memikirkan response yang akan diberikan.

“Hm. Semua orang juga harusnya punya planning soal itu bro, tapi kenapa nih ujug ujug lo bilang kayak gitu, bikin gue kaget aja .. hhe.

Akhir-akhir ini gue semakin ga bisa jaga pandangan dil. ada aja yang menarik hati .. dan itu cukup menggangu ..
gue pikir dengan menikah masalah itu akan selesai.

Oh gitu, tapi perlu lo inget, kalo menikah itu bukan hanya masalah soal lo kepengen jaga pandangan aja, karena kalo boleh gue bilang menikah itu nantinya jadi salah satu peristiwa terbesar dalam hidup lo. Oleh karena itu ada hal-hal yang perlu dipersiapkan bro, kesiapan fisik, mental, dan tentunya pasangannya juga harus siap .. Hhe

Iya sih dil, gue juga sebenernya punya rencana, untuk lulus dulu tahun ini, habis itu gue mau kerja cari duit yang banyak, dan selama beberapa waktu gue pengen mencurahkan perhatian gue buat orang tua, berbakti dulu sama ortu, baru gue nikah.

bagus banget itu rencana hidup lo. . Kalo gue boleh komentar, lo harus melewati tahap tahap  itu dulu hingga akhirnya siap nikah kan?? Saran gue, untuk sekarang tahan dulu keinginan lo itu, lo banyakin shaum aja broo, apalagi bentar lagi ramadhan. Pas banget kan.

Sejenak dia terdiam, tampak memikirkan sesuatu.

Tapi, masalahnya adalah gue udah nemuin seseorang yang gue rasa itu bakal jadi pasangan gue. Sebenarnya gue punya pilihan untuk deketin dia, pacaran lah, karena gue rasa dia juga ada feel ke gue.  Tapi gue ga pengen ambil jalan itu broo.. gue udah pernah tau jalan itu, tapi gue rasa itu lebih banyak mudharatnya daripada manfaatnya

gue pengen, seseorang yang jadi pasangan hidup gue nanti, gue pacarin setelah nikah aja .. tapi dilemanya, di sisi lain kalo ga gue deketin dari sekarang, nanti keburu diambil orang. gimana dong?

Waaah, itu dia yang jadi masalah broo..

Hm. Misal nih ya, lo punya plan buat nikah 2-3  tahun lagi, nah sekarang  lo jangan  dulu untuk mikirin calonnya. Fokus aja dulu untuk menyiapkan diri, memantaskan diri. Kenapa? Karena kalo dari sekarang udah mikirin calonnya, bakal capek hati broo. Lo pasti berpikir gimana nanti kalo dia diambil sama orang? lo juga ngerasa cuma dia yang paling pantes buat lo. Jadinya lo akan deketin dia lagi, jadinya pacaran juga kan. Padahal yang tadi lo bilang ke gue kalo hal itu lebih banyak mudharatnya daripada manfaatnya. Iya kan?

Iya. Gue ngerti itu dil, tapi ngejalaninnya ga mudah .. Godaannya kuat banget .. Hm. Gimana kalo gue sekedar bilang ke dia, kalo gue suka sama dia dan suatu saat nanti bakal nikahin?? Kan lebih aman tuh, ga pacaran, tapi dia bakal nunggu gue, sampe gue siap, oke ga?

Hmm.
Gini bro .. emang ga diatur secara rinci harus gimana kita prosesnya untuk sampe akhirnya naik ke pelaminan. Artinya kita punya kebebasan asalkan tidak melakukan yang dilarang seperti berduaan, atau apapun hal yang mendekati zina. Caranya bisa bilang langsung ke dianya atau minta lewat orang tuanya, atau lewat siapapun itu.  cuman disini yang gue tekanin, akan jadi masalah ketika lo ngejanjiinnya untuk waktu yang masih lama .. misal lo minta dia nunggu 2-3 tahun lagi atau bahkan 5 tahun.. padahal di sisi lain si cewek udah siap nikah. Ketika dia nunggu lo, itu jadi masalah, pastilah dia kepikiran terus, lo juga bakal kepikiran ma dia, dan gue yakin kalian akan saling gelisah. Karena waktu yang dijanjikan juga masih lama. Belum lagi tekanan dari orang-orang sekitarnya, yang terusan nanyain kapan dia nikahnya, gimana kelanjutannya. kasian dianya broo.. Kasian lo juga ..

Lagian, siapa yang bisa menjamin, yang rasanya itu jodoh lo, nanti beneran lo nikah ma dia?? Antiklimaks kan kalo udah lama nunggu, ujung-ujungnya ga jadi, padahal mungkin aja udah banyak dosa yang lo perbuat ma dia.

Tapi beda cerita, kalo emang lo udah siap, langsung aja bilang ke dia dan orang tuanya, kalo lo pengen minta anaknya untuk jadi pendaping hidup lo .. kalo lo bisa ngasih apa ke dia .. punya rencana apa untuk rumah tangga lo ma dia .. kalo jadinya di approve, tinggal nentuin tanggalnya deh. Selesai masalah. Caranya pun aman.

Tapi gimana ya dil? Lo tau sendiri kan gejolaknya itu loh .. Bawaannya pengen cepet ajaa ..

Yoi bro. Gue ngerti. tapi lo ga sendiri kok. yang lain juga banyak yang kayak gitu. mungkin gue juga. hhe. Nikahnya mau kapaan, tapi calonnya kayaknya dah  ketemu  dari sekarang. Emang suka gitu kayaknya deh. Hha. Tapi emang itu ujian nya broo. Tapi yakin aja ma Allah, Dia tau isi hati lo kok, lo pengennya sama siapa. Kalo udah saatnya lo siap, jemput tuh takdir jodoh lo, dan jodoh ga bakal ketuker kok bro .. hhe. Yakin itu .. 🙂 “

Advertisements

4 responses

  1. Artikel favorit lah ini 🙂 (y)

  2. Artikelnya oke pisan dil 😀

  3. alivy, vina makasi. intinya, semoga temenku ini ga galau berkepanjangan.. ^^

  4. aihh ini obrolan anak gede… ditunggu undangannya ya afdil..

    *kupikir pas pertama kali baca judulnya kamu mau promosi catheringmu hahaha :mrgreen:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: