Karir Profesional, Sebuah Awal

Your work is going to fill a large part of your life

And the only way to be truly satisfied is to do what you believe is great work

And the only way to do great work is to love what you do

If you havent found it yet, keep looking. Dont settle

-Steve Jobs

Untuk waktu yang cukup lama ternyata saya tidak menulis di blog ini. Ada saja excuse yang bisa dibuat, mulai dari ga punya waktu sampai dengan ga mood. Padahal salah satu resolusi saya di awal tahun 2013 kemarin salah satunya adalah aktif menulis dalam rangka membiasakan sebelum nantinya jadi penulis handal. Hehe.

Jadi mau sedikit bercerita. Beberapa bulan ini saya sedang berada pada sebuah masa dalam hidup yang sedang banyak pikiran hingga membuat galau dan cukup sensitif. Apa itu? Yaiitu masa peralihan dari  bangku kuliah di esdua ke bangku karir di real world. Meninggalkan zona nyaman saya sebagai mahasiswa dan mulai terjun ke growth zone di dunia profesional

Untungnya periode galau saya cukup singkat. Jeda waktu antara selesai sidang tesis dan saya bekerja tidak terlalu jauh, sebulan lebih dikit. Bahkan wisuda juga saya masih dua minggu lagi. Sekarang saya bekerja di sebuah konsultan traning and development yang berkantor di Jakarta sebagai asistan dari direktur operasional. Baru berjalan beberapa minggu, belum genap sebulan.

Dulu saya pernah berpikir bahwa galau dan perasaan ga enak itu adalah ketika kita berstatus pengangguran, dan akan selesai bila kita mendapatkan perkerjaan. Ternyata tantangannya tidak sesederhana itu. Mendapat pekerjaan adalah satu hal, sedangkan enjoy dengan pekerjaan adalah hal lain.

Dan diawal saya bekerja ini, hal tentang beradaptasi dengan dunia kerja itu benar saya rasakan. Ritme kerjanya, pola komunikasi, cara bergaul, adalah hal-hal yang diantaranya harus saya beradaptasi. Bagaimana agar bisa menyesuaikan dengan ritme kerja di perusahaan. Bagaimana menemukan pola komunikasi dengan karyawan senior di kantor. Juga bagaimana agar saya bisa diterima sebagai anggota baru di lingkungan kerja. Apalagi, perusahaan tempat saya bekerja memiliki budaya organisasi yang unik dan cukup dikenal dengan ritme kerjanya yang keras.

Yang dimaksud keras adalah sangat total dalam bekerja bahkan bukan cuma 8 jam sehari, tapi lebih, bahkan bisa sampai 20 jam dalam sehari. Seperti malam ini yang saya baru menyelesaikan pekerjaan, belum tidur, sedangkan besok pagi harus sudah standby dari jam 6 pagi. Menarik sekali bukan? Hhe. Belum lagi budaya orang-orangnya yang to the point dalam memberikan feedback terhadap kinerja sesama. Bila tidak punya hati yang lapang dan terbiasakan pastilah akan menyerah sedari awal. Dan ini menjadi sebuah awal yang berat buat saya, doakan semoga bisa melewatinya.

Kemudian hal yang membuat saya bertahan dan mencoba survive sampai saat ini karena saya menyukai bidang ini, ini poin pentingnya. Bidang dimana saya bisa mengaplikasikan ilmu yang saya dapat di bangku kuliah, ilmu management. Tidak hanya itu, atasan saya yang notabenenya orang yang luar biasa, secara langsung menjadi mentor saya, itu artinya sebuah akselerasi pembelajaran. Saya juga masih bisa banyak baca buku mengenai management: organizational behaviour, leadership, dll. Bahkan juga memiliki kesempatan untuk observasi langsung dari program-program training and development persuahaan. Ditambah lagi saya bisa menyalurkan hobi traveling karena project-project yang ditangani perusahaan cukup sering bertempat di luar Jakarta. Dan itu artinya, jalan-jalan. Hhe. bila menggunakan istilah Steve Jobs, and the only way to be truly satisfied is to do what you believe is great work. And the only way to do great work is to love what you do.

Dan selalu dalam setiap doa, semoga saya bisa melewati semuanya dan semoga semua aktivitas ini membawa keberkahan. amin.

 

Yogyakarta, 16 November 2013.

 

3 responses

  1. Hai afdil skrg netep d jkt? Ktmu2 lah kalo weekend hehe. Suksesss gotcha

    1. iye bro. boleh lah nanti kita atur2

  2. WOW Keren nie artikelnya
    Sambil baca artikel ini, Aku numpang promosi deh !
    Agen Bola, Bandar Bola Online, Situs Taruhan Bola, 7meter

Leave a Reply

